Simak dan Cermati, Inilah Sarat Menjadi Wasit di FIFA 2021

Menjadi wasit FIFA
Menjadi wasit FIFA

Hallo Dulur,

Kali ini mimin bakal membahas unsur olahraga yaitu sepak bola. Sepak bola sendiri sudah terbilang banyak bintang-bintang pemain dan penghasilannya juga fantastik. Tapi apakan wasit yang mengatur jalanya pertadingan juga demikian, maka dari itu mimin bakal sedikit meringkas artikel yang berkaitan dengan wasit, disini mimin bakal membahas wasit dari FIFA.

Apa Kalian sudah tahu FIFA ?

FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional) adalah badan pengendali internasional sepak bola, FIFA bermarkas di Zurich dan memiliki 211 anggota assoasi. FIFA didirikan di Paris pada 21 Mei 1904.

FIFA mengumumkan bahwa mereka memperkirakan akan meraup keuntungan sebesar $ 144 juta dari $ 1,64 miliar dalam pendapatan antara tahun 2003 dan 2006.

FIFA juga membantu sepak bola, membantu transfer antar tim, memberikan gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA, dan menerbitkan daftar Peringkat Dunia FIFA setiap bulannya.

Peraturan sepak bola ditentukan oleh IFAB (International Football Association Board), yang terdiri dari wakil dari FIFA dan masing-masing satu wakil dari Asosiasi Sepak Bola Skotlandia, Asosiasi Sepak Bola Wales, dan Asosiasi Sepak Bola Irlandia Utara.

Tugas Wasit Sepak Bola 

Wasit adalah seorang yang memiliki wewenang untuk mengatur jalannya pertandingan pertandingan olahraga sepak bola. Istilah wasit dalam bahasa Inggris Referee berasal dari sepak bola. Awalnya kapten dari setiap tim saling berkonsultasi untuk menyelesaikan perselisihan yang terjadi di lapangan. Kemudian peran ini didelegasikan kepada seorang umpire.

Setiap tim membawa umpire-nya masing-masing sehingga masing-masing kapten tim dapat berkonsentrasi kepada permainan.

Akhirnya, seorang yang dianggap netral dinamai referee (dari would be “referred to”) bertindak sebagai orang yang akan menyelesaikan permasalahan jika umpire tidak bisa menyelesaikannya. Referee tidak berada di lapangan sampai 1891, ketika umpire menjadi linesman (sekarang disebut asisten wasit).

Berapa Gaji Wasit FIFA ?

Gaji dari seorang wasit yang sudah bersertifikasi FIFA sendiri bisa meraup kisaran 1500 Dollar atau 21 juta rupiah dalam satu kali pertandingan. Gaji itu sepadan dengan kerja keras dan banyaknya melalui tahapan-tahapan untuk memiliki sertifikat wasit dari FIFA.

Listrik Januari Kembali di Gratiskan, Ini Cara Akses Token Gratis PLN

Bagaimana menjadi Wasit ?

  1. Wasit harus mengambil kursus C3 yang diselenggarakan oleh PSSI, di sana mereka akan belajar berbagai hal yang mendasar. Setelah mendapatkan lisensi C3, dan memimpin beberapa pertandingan dalam rentang waktu setahun, wasit baru bisa naik tingkat. Mereka bakal diberi kesempatan untuk mengambil kursus C2.
  2. Kursus C2 digelar oleh Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI. Materi yang diberikan pun lebih banyak mulai dari teori peraturan permainan sampai tes kebugaran sesuai dengan standar FIFA. Wasit yang dinyatakan lulus dan memegang lisensi C2 diizinkan memimpin pertandingan sepakbola tingkat provinsi, seperti Porprov, Popda, dan Porda. Mereka juga boleh bertugas dalam turnamen-turnamen resmi tingkat provinsi di mana wasit tersebut aktif.
  3. Untuk mendapat kesempatan memimpin pertandingan skala nasional wasit harus mengambil kursus C1. PSSI yang bakal menggelar agenda tersebut dengan materi semakin sulit. Bila sudah mendapatkan lisensi C1, wasit berhak untuk bertugas di level nasional seperti liga amatir. Namun, untuk memimpin Liga 1 atau 2, wasit tersebut bakal dilihat rekam jejaknya dan lolos dari penyegaran wasit yang dilaksanakan PSSI sebelum kompetisi kompetisi dimulai.

Syarat menjadi Wasit FIFA

Circular FIFA
Circular FIFA
  1. Wasit pertandingan yang diusulkan harus berusia minimal 25 tahun (23 tahun dalam kasus asisten referees) pada tanggal 1 Januari tahun yang mereka nominasikan. Wasit pasti lahir paling lambat 31 Desember 1995, dan asisten wasit harus sudah lahir paling lambat 31 Desember 1997 untuk memastikan tingkat pengalaman minimum. FIFA berhak untuk meminta wasit pertandingan yang berusia di atas 45 tahun (lahir tahun 1976 atau sebelumnya) harus menjalani teknik tambahan penilaian serta pemeriksaan medis khusus dan pengujian kebugaran berdasarkan kasus per kasus.
  2. Setiap kandidat harus diberi peringkat berdasarkan nilai yang diperoleh untuk pertandingan resmi di tingkat nasional tingkat selama 12 bulan sebelum dinominasikan untuk daftar wasit pertandingan internasional.
  3. Minimal, semua wasit pertandingan yang dinominasikan harus lulus Tes kebugaran yang disetujui FIFA dan pemeriksaan kesehatan pada atau setelah 2 Juni 2020.

Itu dia rincian syarat menajadi wasit FIFA tahun 2021 dapat anda pelajari lagi di link berikut. Klik Disini

 

Salam Dulur Adoh,

Terimakasih sudah memberikan sedikit waktu untuk membaca artikel dari saya, ingin artikel lainya ? anda bisa mensupport dengan menekan tombol like dan share. Semoga ilmu yang saya berikan berguna untuk kalian.

 

Mantapu
Saya orang yang suka kucing.