Mengenal Aplikasi BiP dan Cara Menggunakan Aplikasi BiP

Tutorial Mengunakan Aplikasi BiP
Tutorial Mengunakan Aplikasi BiP

Hallo Dulur,

Baru-baru ini Viral dengan adanya kebijakan baru WhatsApp yang membuat para penguna untuk berfikir dua kali dalam mengunakan aplikasi ini. Tapi ada juga sebagian orang untuk beralih mencoba ataupun  mengunakan untuk aplikasi messenger lainnya. Ada beberapa artikel yang membahas tentang aplikasi BiP vs Signal vs WhatsApp dimana banyak yang tahu bahwa setiap aplikasi messenger memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dalam kasus ini Saya akan membahas tentang aplikasi Bip, jadi mari kita Mengenal Aplikasi BiP dan Cara Menggunakan Aplikasi BiP ini.

Apa Itu Aplikasi BiP?

Aplikasi BiP
Aplikasi BiP

BiP – Messaging, Voice and Video Calling adalah aplikasi yang digunakan oleh seluruh dunia untuk mengirim teks tanpa batas, mengirim foto dan video, dan berbagi lokasi dengan teman-teman Anda. BiP juga menyertakan kenyamanan penguna dengan terjemahan instan ke 106 bahasa dan nilai tukar. Anda berbicara dengan orang lain sekaligus dengan grup yang dapat Anda buat. Aplikasi ini hampir mirip dengan WhatsApp bukan, Fungsi dan pengunaannya juga hampir sama dan yang terpenting adalah kebijakan aplikasi BiP tidak sama dengan WhatsApp.

Aplikasi BiP berasal dari Negara Turki yang sudah dipakai di 192 Negara di seluruh dunia dan di Playstore sendiri pengunanya sudah mencapai 53 juta orang yang mendownload di seluruh dunia. Aplikasi BiP dimiliki dan dikembangkan oleh Turkcell, awal rilisnya apliasi BiP pada tahun 2013. Akhir-akhir ini banyak yang beralih ke aplikasi BiP dan membuat aplikasi ini menempati peringkat ke 2(dua) terpopuler di Playstore dengan kategori Gratis populer(komunikasi) dana di peringkat pertama ada aplikasi Getcontact.

Cara Mendapatkan Aplikasi BiP

Aplikasi BiP sendiri tersedia di Playstore, jadi jika kalian ingin mencoba atau beralih ke aplikasi BiP kalian bisa mencari aplikasi ini di Playstore atau kalian bisa ikuti link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.turkcell.bip . Tak hanya di mobile saja, kalian juga bisa install BiP for pc. Tapi saat pengunaannya sendiri kalian harus mengunakan aplikasi pihak kedua yaitu dengan mengunakan emulator Android.

Cara Menggunakan Aplikasi BiP

Tampilan awal Aplikasi BiP
Tampilan awal Aplikasi BiP

Cara mengunakan Apk ini cukup mudah, kalian yang dulunya penguna aplikasi WhatsApp tidak akan merasakan kesulitan. Berikut  langkah-langkah pengunaan BiP.

  1. Download dan install Aplikasi BiP di Smartphone kalian
  2. Jika berasil Buka Aplikasi BiP dan di halaman awal akan terlihat  tombol Get BiP’n yang ada di bawah. Klik tombol Get BiP’n tersebut
  3. Setelah itu akan ada notifikasi kebijakan privasi dan persyaratan penggunaan. Silahkan kamu klik tombol CONTINUE
  4. Kemudian muncul konfirmasi untuk “izinkan aplikasi BiP melakukan dan pengelolaan panggilan telepon”. Klik Izinkan
  5. Setelah itu muncul lagi konfirmasi untuk “inzinkan BiP mengirim dan melihat SMS”. Klik izinkan
  6. Selanjutnya ada tampilan yang mengharuskan memasukkan nomor telepon kamu, sesudah mengisi nomor dengan benar lalu klik Get Verification Code kemudian ada pesan Confirmastion nomor kamu, tekan tombol YES untuk Confirmasi nomor benar
  7. Jika nomor benar nanti akan ada kode yang akan di kirim ke nomor telepon kalian.
  8. Memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS di nomor yang kamu cantumkan tersebut atau kamu juga bisa mengunakan menu Otomatis, Kode SMS akan terisi secara otomatis setelah SMS muncul.
  9. Akan muncul kembali notifiksi untuk “Izinkan BiP mengakses foto, media, dan file perangkat”. Klik izinkan
  10. Kamu hanya perlu mensetting nama dan photo Profil, lalu klik Done

Cara Membuat SKCK di Masa Pandemi, Offline dan Online 2021

Cara Membuat Grup di BiP

Setelah install aplikasi yang haru kalian lakukan adalah membuat Groub Chat kalian. Caranya adalah dengan Mengetuk tombol Message di pojok kanan bawah lalu pilih New Group Chat. Tapi sebelum membuat Group pastikan bahwa teman kalian sudah memiliki App BiP di hpnya, agar kalian bisa invite teman kalian. Pilih setidaknya minimal 2 orang teman di kontak kamu yang ingin dimasukan ke dalam grup. Setelah itu, klik ikon tanda panah untuk melanjutkan pembuatan. Atur gambar ikon dan nama grup kalian, lalu pilih ikon centang untuk menyelesaikan.

Cara Invite Teman di BiP

Jika kalian pertama kali mengunakan aplikasi ini, dan teman kalian banyak yang belum mengunakan. Maka dari itu kita harus mengundang teman kita, cara invite bip tergolong mudah dan simple. Berikut adalah Cara Invite Teman di BiP.

  1. Pertama-tama, buka dulu aplikasi BiP di ponsel kamu
  2. Lalu pilih menu More di pojok kanan bawah
  3. Setelah itu cari pilihan Invite Friends dan Klik Invite Friends
  4. Pilih salah satu opsi SMS, Mail, atau Other Apps(Jika kamu ingin mengudang teman di WhatsApp)
  5. Cari nama teman yang ingin kamu invite, lalu kirimkan undangannya
  6. Selesai.

Menerapkan Bahasa Indonesia di BiP

Cara merubah bahasa di aplikasi BiP sendiri tidak ada dan di ganti dengan default bahasa inggris. Namun kalian bisa merubah penerimaan bahasa atau diterjemahkan bahasa sesui keinginan kalian, karena BiP sendiri memiliki 106 bahasa terjemahannya. Berikut cara menerapkan bahasa Indonesia di BiP:

  1. Buka Aplikasi BiP kalian
  2. Cari dan Klik pilihan More di pojok kanan bawah
  3. Masuk ke Setting dan pilih Chat Setting
  4. Selanjutnya akan muncul pilihan-pilihan lain, disitu silahkan Klik Default Received Translation
  5. Pilih bahasa Indonesia lalu klik panah kembali
  6. Selesai

Cara membuat Status di Aplikasi BiP

Untuk memasang Status pada aplikasi BiP, hampir sama layaknya mengunakan aplikasi WhatsApp. Berikut ini  cara yang lebih rinci :

  1. Pertama, buka Aplikasi BiP kalian
  2. Kemudian, tekan tombol More pada menu utama BiP kalian.
  3. Selanjutnya, tekan pada bagian gambar Profil atau Nama akun kalian.
  4. Berikutnya, pada bagian What’s on your mind? isilah kalimat yang akan kalian jadikan status di BiP.
  5. Di Edit Profil ini kalian juga bisa menganti nama di BiP dan Menganti Foto Profil BiP.
  6. Tekan Done untuk menyimpan status yang telah kalian rubah.
  7. Selesai.

Fitur Story Aplikasi BiP
Perlu diketahui, Untuk fitur Story pada aplikasi BiP sendiri, saat ini aplikasi BiP masih belum tersedia fitur tersebut. Jadi, untuk sekarang kalian belum dapat membuat Story Video atau Gambar seperti Story pada Aplikasi WhatsApp di aplikasi BiP. Namun, bukan tidak mungkin apabila fitur Story pada BiP akan hadir kedepannya, melihat begitu banyak lonjakan dan antusias pengguna yang terus bertambah karena efek dari Kebijakan Privasi kontroversial yang Whatsapp keluarkan. Teruslah mendukung dan memberikan Support untuk pengembang aplikasi BiP agar dapat secepatnya menambahkan fitur Story atau Status pada aplikasi BiP.

Cara Kirim Sticker di Aplikasi BiP

Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengirim sticker di BiP.

  1. Pertama buka aplikasi BiP terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya silahlan pilih teman Kamu yang pastinya telah memakai aplikasi BiP untuk mengirism stiker.
  3. Lalu pada bagian type message nanti akan muncul icon dan Pilih icon berbentuk senyuman.
  4. Berikutnya, sebelum kamu bisa mulai menggunakan stiker, silahkan pilih siker untuk didownload telebih dahulu, agar sticker yang ingin kamu pakai bisa digunakan.
  5. Terakhir tinggal kalian klik sticker dan kirim ke teman atau keluarga kalian.
  6. Menurut saya, ini termasuk mudah. Penggunaan sticker dalam BiP hampir sama dengan Whatsapp. Ini dimaksudkan agar para pengguna Whatsapp nantinya bisa beradaptasi dengan cepat saat ingin menggunakan BiP.

Apa Kelemahan Aplikasi BiP ?

Apa Kelemahan Aplikasi BiP ?Dampak dari kontroversi kebijakan privasi WhatsApp yang dikeluarkan, mengakibatkan pengguna aplikasi BiP tiba-tiba melejit tinggi. Setiap hari dilaporkan ada sekitar 2 juta pengguna baru telah bergabung menggunakan aplikasi BiP. General Manager Turkcell, Murat Erkan mengatakan, angka tersebut melebihi jumlah unduhan sebelum 6 Januari, di mana WhatsApp memperbarui persyaratan privasinya.

Dengan situasi seperti ini, jumlah orang yang mengunduh aplikasi BiP telah mencapai 60 juta dan dalam beberapa bulan ke depan diprediksi akan mencapai lebih dari 100 juta pengguna. “Sekitar 6,4 juta orang telah beralih ke BiP sejak Jumat, 8 Januari lalu. Dalam lingkungan ini, BiP dipandang sebagai tempat berlindung yang aman. Kami akan berhadapan langsung dengan Telegram sekarang,” katanya, seperti dikutip Daily Sabah.

Kelemahan lainnya adalah fitur yang tidak seperti Whatsapp, nama juga berbeda perusahaan. Seperti tidak adanya bahasa Indonesia dan tak adanya fitur Story di apliksi BiP.

Salam Dulur Adoh

Itu dia Aplikasi BiP dan Cara Menggunakan Aplikasi BiP, Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat bagi teman-teman semua.

Terimakasih sudah memberikan sedikit waktu untuk membaca artikel dari saya, ingin artikel lainya ? anda bisa mensupport dengan menekan tombol like dan share. Semoga ilmu yang saya berikan berguna untuk kalian.

Mantapu
Saya orang yang suka kucing.